Rabu, 18 September 2013

Kondisi Setiap Lini


Tentunya peran penting Evan Dimas ini tidak menghilangkan peran dari pemain lain. Ada banyak pemain muda berbakat di tim ini. Evan Dimas mungkin yang terbaik di lini tengah tetapi peran Hargianto tidak bisa disepelekan. Hargianto mampu menyeimbangkan permainan tim. Dirinya punya akurasi umpan yang bagus.

Hargianto dalam pertandingan melawan Brunei Darussalam melepaskan 77 umpan berhasil dan 16 gagal dengan akurasi mencapai 82% (data @labbola). Dia juga menjadi pemain yang mampu melakukan tekel sukses terbanyak dengan 9 tekel sukses dari 13 kali percobaan tekel. Saat Indonesia mengalahkan Thailand, Hargianto meraih predikat best intercept, yang dalam catatan @labbola melakukan enam kali memotong bola lawan. Torehan yang menunjukkan dirinya layak menjadi tumpuan untuk menghalau serangan lawan sebelum mencapai pertahanan Indonesia.

Lini belakang juga cukup bagus. Muhammad Sahrul Kurniawan dan Hansamu Yama bermain bagus di jantung pertahanan. Sementara Fatchu Rochman dan Putu Gede yang berada di sisi sayap rajin membantu serangan. Sejauh ini timnas sudah kebobolan empat gol dari empat pertandingan.

Untuk lini depan, sebelas gol dalam empat pertandingan merupakan hasil yang cukup baik. Tidak ada penyerang yang menonjol dengan menjadi pencetak gol terbanyak, tetapi justru kekuatannya ada di sini. Setiap penyerang memiliki kemampuan yang sama baiknya untuk mengancam gawang lawan.

Ilham Udin Armaiyn, Muchlis Hadi, Dinan Yahdian hingga Maldini telah menunjukkan kelasnya untuk bisa mengobrak abrik pertahanan lawan. Pilihan di lini depan cukup bervariasi sehingga memudahkan Indra Sjafri meracik strategi.

Namun, tetap saja ada kekurangan. Penyelesaian akhir dituding masih menjadi pekerjaan rumah bagi tim dan ini diakui oleh Indra Sjafri. “Timnas belum seratus persen dari permainan terbaiknya. Karena sebenarnya ada enam hingga tujuh peluang yang harusnya bisa jadi gol. Tapi ini sesuatu yang wajar karena pemain baru tampil perdana,” ujar Indra Sjafrie selepas membantai Brunei Darussalam 5-0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar